Made Taro – Dongeng Antikorupsi Mencari Anak Angkat

Trilogi Dongeng Made Taro
Pada 27 Agustus 2020, audiobookportal.com dan Pusat Teknologi dan Budaya ITB STIKOM Bali melakukan dokumentasi video dan audio terhadap tiga karya dari maestro dongeng Nusantara kelahiran Bali, Made Taro. Pada kesempatan itu, Made Taro menuturkan tiga dongeng pilihan yang bersumber dari tiga bukunya termasuk Kucing dan Tikus (dongeng anak-anak), Mencari Anak Angkat (dongeng antikorupsi), dan Membeli Bebas Mati (dongeng lansia). Dongeng Mencari Anak Angkat merupakan salah satu dari 20 dongeng bertemakan antikorupsi yang dimuat dalam Buku Dongeng-Dongeng Antikorupsi yang diterbitkan pada Februari 2020 oleh Sanggar Kukuruyuk.

Selain menindak para koruptor dengan tegas, Made Taro percaya bahwa pencegahan korupsi bisa dilakukan melalui penanaman sikap antikorupsi sejak usia dini melalui dongeng-dongeng yang mengandung nilai kejujuran, kedisiplinan, kerja keras, usaha mandiri, kebersamaan, keadilan, menghargai prestasi, bertanggungjawab dan peduli sosial.

Made Taro (Denpasar, tahun 1939) adalah penulis produktif yang karya-karyanya banyak tertuju pada keriangan dunia anak. Selain menulis dan mendongeng, Made Taro juga mendirikan Sanggar Kukuruyuk untuk mengajak anak-anak untuk mengenal dan mencintai permainan tradisional daerahnya. Made Taro hingga kini telah menulis tak kurang dari 35 judul buku, antara lain: Bawang dan Kesuna (Balai Pustaka, 1997), Lagu-Lagu Permainan Tradisional Bali (Upada Sastra, 1999), Gita Krida (Sarad, 2001), dan Randu dan Sahabatnya (Kanisius, 2002).